4.Listing Program [Kembali]
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3','a'},
{'4', '5', '6','b'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7', '8', '9','c'},
{'*', '0', '#','d'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali // Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0); }
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD } }
6.Analisa [Kembali]
LCD (Liquid Crystal Display) berfungsi sebagai display penampil output dari keypad yg ditekan sebagai input. Sebelumnya, karakter keypad yang akan ditampilkan akan di program di arduino, Kaki analog dari arduino terhubung ke LCD, dan kaki inpuan keypad terhubung ke pin arduino. Saklar pada keypad (tombol) jika ditekan maka akan menghubungkan baris dan kolom. Saat saklar terhubung, maka arus akan mengalir dan memberi logika 1 sehingga dibaca oleh LCD dan ditampilkan pada layar LCD.
7. Link Download [Kembali]
File HTML disini
Video Simulasi disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar